Senin, 16 Februari 2009

Sekolah Naik Sepeda, Kenapa Tidak?


Pergi sekolah dengan menggunakan sepeda ialah salah satu cara untuk mencegah pemanasan global. Dengan bersepeda juga dapat membuat udara sekitar segar dan bebas polusi. Coba kita intip kota Jakarta yang begitu padat dengan ratusan ribu kendaraan yang memadati jalanan tiap hari, tetapi di hari tertentu seperti hari minggu orang sana masih dapat menikmati udara segar yang bebas polsi hingga pukul 09.00 tepatnya di sekitar bundaran HI. Ini disebabkan karena masyarakatnya banyak yang antusias dengan car free day , sehingga mereka dapat bersepeda dengan bebas dan dapat menghirup udara segar yang tidak dapat mereka nikmati tiap hari. Selain itu bersepeda dapat menyehatkan tubuh kita dan juga membuat proses berpikir kita lebih cepat.

Banyak sekali anak sekolah zaman sekarang yang pergi sekolah menggunakan kendaraan pribadinya dari sepeda motor hingga mobil, dan jarang sekali kita lihat anak yang menggunakan sepeda. Nah dari sekian ribu siswa yang menggunakan kendaran bermotor pribadinya turut menyumbang polusi yang cukup besar ke udara, dan juga menyababkan kepadatan lalu lintas yang berujung pada timbulnya kemacetan. Coba kita bayangkan misalnya 35% saja anak sekolah di kota Bandung dari SD hingga SMA pergi sekolah menggunakan sepeda, mungkin dapat mengurangi tingkat polusi walaupun tidak terlalu signifikan. Bersepeda juga baiknya tidak hanya dilakukan untuk ke sekolah atau ke kantor, tetapi ke tempat yang ingin kita kunjungi yang jaraknya tidak jauh, lumayan kan dari hal seperti itu saja kita dapat mengurangi polusi.

Namun dibalik kelebihan bersekolah menggunakan sepeda adapun beberapa kendala yang menyebabkan para siswa malas untuk menggunkan sepeda ke sekolah. Yang paling utama mungkin jarak anatara rumah dan sekolah yang cukup jauh. Jarak yang cukup jauh ini dapat membuat siswa sudah kelelahan selama diperjalan baik berangkat maupun pulang. Faktor yang kedua mungkin karena gengsi para pelajar yang saat ini terlalu tinggi, yang menginginkan berangkat sekolah diantar kendaraan pribadinya ataupun membawa kendaraan pribadinya ke sekolah. Mungkin dari tulisan saya diatas kita dapat menginspirasi anda untuk bersepeda kembali dalam rangka mencegah pemanasan global, ayo kita mulai dari diri kita sendiri.

M Ilham Fauzan, XF

Tidak ada komentar:

Posting Komentar